Rabu, 13 Juni 2012

SMK NEGERI 4 ROROTAN JAKARTA UTARA CIPTAKAN MESIN CNC BATIK DAN CNC MILLING.

JAKARTA - Kepala Sekolah SMK N 4 Rorotan, Jakarta Utara, Wahidin Ganef di Stand SMKN 4 Rorotan, Parkir Timur, Jakarta Pusat, Senin (21/11) mengatakan, SMKN 4 Rorotan salah satu sekolah menengah kejuruan mewakili Provinsi Jakarta pada pameran SMK pada Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat.
Kasek Wahidin Ganif (Kiri0 dan Agus M/guru
Menurut Ganef, pada kegiatan pameran dari  hasil karya siswa dari sebelas bidang studi keahlian akan memamerkan dua produk hasil karya siswa-siswi dan guru-guru  yakni mesin Computer Numeric Control (CNC) Milling untuk membuatan onderdil kendaraan bermotor, dan mesin CNC Batik.
Menurut Ganef, khusus mesin CNC Milling merupakan  rakitan langsung para siswa-siswi dan guru-guru sendiri  yang bahan bakunya disediakan dari Kemdikbud, dan  mesin CNC Batik adalah langsung hasil karya sendiri dari para siswa-siswi dan para guru-guru dengan desain langsung oleh siswa-siswi.
“Disainnya  adalah hasil karya sekolah kami sendiri. Mesin CNC Batik , kami yang buat, namun untuk CNC Milling hanya merakit dan bahannya dari Direktorat Pembinaan SMK, Kemdikbud,” kata Wahidin saat meninjaau stan SMKN 4 di Parkir Timur, Jakpusat, Senin (21/11).
MESIN CNC BATIK

Lebih jauh Ganef menjelaskan, hasil dari mesin CNC Batik jauh berbeda dengan pembatikan yang dilakukan secara manual, namun CNC Batik dipersiapkan melalui gambar yang sudah dipersiapkan sebelumnya malalui computer atau laptop, dan gambar langsung ditransfer CNCnya  dan menghasilkan produk secara langsung dan dapat dilakukan secara berulang-ulang.
“Kalau manual satu kali kerja satu kali produk, tapi kalau mesin CNC Batik cukup hanya satu kali gambar dan satu kali desain,” tambahnya.
Khusus hasil mesin CNC Milling tambahnya, kerjasama dengan PT Star membuat salah satu komponen namanya Polar, dan dikerjakan dengan CNC Bubut yang sudah tersedia di sekolah , dan produk CNC Batik  didisain oleh siswia juruan Elektronik Industri dan CNC Milling oleh jurusan Mesin.
Ganef menambahkan, dengan adanya mesin CNC Batik yang sudah diproduk oleh SMKN 4 Rorotan dapat membantu masyarakat pebatik tanpa mengurangi kualitas dari hasil produk mesin tersebut, dan hasilnya akan lebih cepat dibandingkan dengan pembatikan manual .
MESIN CNC MILLING
“Mesin CNC Batik jauh lebih cepat dibandingkan dengan batik manual tanpa mengurangi kualitas dengan berbandingan hasil CNC Batik dapat dikerjakan produk yang sama dalam waktu 6 jam sementara batik manual dalam waktu satu bulan. Jadi, benar-benar sangat menguntungkan,” kata Agus Martoyo, guru SMK N 4 Rorotan yang juga merupakan pencipta mesin CNC Batik di tempat pameran siang ini.
Ganif menambahkan, dengan adanya produk mesin CNC Mesin sejak dipamerkan bulan Juni 2011 lalu sudah banyak peminat khususnya pemilik usaha batik meskipun belum ada yang membeli dengan harga Rp 35 juta per unit,  dan perakitan CNC Milling yan  sudah dirakit sebanyak 20 unit yang dibagikan ke sekolah-sekolah oleh Direktorat Pembinaan SMK, Kemdikbud.
“kami hanya merakit, tapi yang menyebarkan ke sekolah-sekolah adalah Direktorat Pembinaan SMK, Kemdikbud,” kata Ganif.
Ganif menambahkan, untuk daya serap tenaga kerja di dunia industry, sekitar 86 persen sudah langsung diterima bekerja di dunia industri , sebagian ada yang melanjutkan ke perguruan tinggi, dan yang membuka usaha sendiri sesuai dengan jurusan yang diikuti.
SMK N 4 Rorotan memiliki 11 program keahlian yakni,  Teknologi dan Rakyasa, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Studi Keahlian yaitu Teknik Bangunan, Teknik Ketenaga Listrikan, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronik, Teknik Komputer dan Informatika, Program Diploma D1 PVB, dan Career Center.

0 komentar:

Posting Komentar